Keindahan Air Terjun Dua Warna Telaga Bitu

Air Terjun Dua Warna atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit memiliki ketinggian terjunan air sekitar 75 meter dan berada di ketinggain 1475 m dpl.

Air terjun ini berada di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara tepatnya di kaki Gunung Sibayak.  Air terjun ini terletak di hulu Sungai Sinembah 1 dan terbentuk dari letusan letusan gunung Sibayak ratusan tahun silam.

Air terjun yang satu berwarna biru indah dan air yg sangat dingin, dengan tebing-tebing berlumut hijau di sekitarnya. Satunya lagi berwarna putih bening dan terasa hangat. Kedua air terjun ini terpisah dekat oleh beberapa air terjun kecil penghias tebing.

Seperti namanya, air terjun ini memiliki dua warna yaitu, air yang turun dari atas berwarna biru muda, sedangkan air yang tertampung dibawah berwarna putih ke abu-abuan. Warna tersebut timbul dikarenakan adanya kandungan phosfor dan belerang yang ada di air terjun ini sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk meminumnya. Dengan gradasi dua warna itu, membuat pemandangan air terjun begitu indah dan menakjubkan. Sumber air terjun ini sendiri berasal dari Gunung Sibayak.

Untuk mencapai lokasi air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter ini membutuhkan perjuangan ekstra keras. Dari pintu utama bumi perkemahan Sibolangit, pengunjung harus rela berjalan kaki menyusuri hutan yang rimbun selama kurang lebih 2-3 jam.

Tempat wisata ini memang terkesan unik. Dari namanya saja orang-orang menyebutnya Air Terjun Dua Warna sebab air terjun yang turun dari sungai atas akan tertampung ke sebuah danau kecil dan disinilah air tersebut memiliki dua warna yaitu biru muda dan putih keabu-abuan.

Setelah ditelusuri ternyata air terjun ini bersumber dari letusan Gunung Sibayak yang membentuk aliran sungai yang dialiri belerang (sulfur) yang kemudian bersatu dengan resapan air hutan sehingga menjadi berair dingin yang berwarna biru. Uniknya lagi, air terjun tersebut tidak mengeluarkan bau belerang namun jangan pernah meminum air tersebut. Selain itu, keberadaan air terjun ini juga tersembunyi di dalam hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak I dan Sibayak II dengan ketinggian 1475 meter dari permukaan laut.
Di sepanjang jalan setapak menuju air terjun dua warna, banyak terdapat petunjuk jalan yang memang dipasang oleh pihak pengelola agar memudahkan pengunjung untuk sampai kesana. Namun bila sobat takut akan tersesat, tidak ada salahnya untuk menyewa pemandu lokal disana dengan tarif 100 - 300 ribu rupiah tergantung jumlah pesertanya dan negosiasi sobat.
So..bagi kalian yang sangat mencintai keindahan alam Indonesia, tunggu apa lagi..saatnya mengunjungi Desa Durin Sirugun di kawasan Sibolangit untuk menikmati keindahan Air Terjun Dua Warna ini.

0 Response to "Keindahan Air Terjun Dua Warna Telaga Bitu"

Post a Comment