Indahnya Goa Pindul Yogjakarta

Goa Pindul adalah sebuah goa alam yang terletak di desa Bejiharjo Kabupaten Gunungkidul. Letak goa ini tidak terlalu jauh dari kota Jogjakarta, kurang lebih 60 km atau dengan perjalanan selama 1 jam.
Goa pindul terbentuk secara alami melalui proses alam selama ratusan tahun. Terdapat stalaktit dan stalakmit dalam goa ini. Air yang mengalir dalam goa sangatlah bersih dan sejuk. Sehingga area goa ini sangatlah tepat untuk melepaskan kepenatan dari berbagaimacam aktivitas yang melelahkan.
Berikut galeri foto untuk goa pindul.

Berdasarkan informasi dari pemandu, stalagmit di goa pindul adalah stalagmit terbesar nomor 4 di dunia. Setiap 1 mm stalagmit terbentuk dari tetesan air selama kurang lebih 10 tahun. Dengan stalagmit sebesar itu, terbayang berapa ratus tahun waktu yang dibutuhkan untuk ‘membuatnya’? Akan sangat sayang jika kita tidak bisa menjaga kelestarian stalamit di goa pindul ini.
akses

Dengan kendaraan pribadi dari  kota Yogyakarta: 
Yogyakarta – Jl. Wonosari – Hutan bunder (jalan berliku-liku dan menanjak) – Lapangan terbang Gading (kiri jalan) – Wonosari kota – Bunderan Siyono (bunderan dengan air mancur): belok kiri – ikuti jalan utama - Pertigaan dengan tugu di tengah jalan: belok kiri.
Jangan khawatir, letak goa Pindul ini sudah diketahui masyarakat setempat dengan baik. Di beberapa persimpangan jalan sudah tersedia papan petunjuk jalan menuju Goa Pindul meskipun dengan papan sederhana.

Dengan kendaraan umum:
Bus jurusan Yogyakarta – Wonosari, turun di Wonosari kota. Tarif bus sekitar Rp. 6.000 –  Rp. 10.000, kemudian lanjutkan dengan ojek dengan tarif antara Rp. 10.000 – Rp. 15.000.

Paket Cave Tubing Pindul
1. Jasa pemandu
2. Perlengkapan ( ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, Head Lamp )
3. Asuransi
4. Transportasi
5. Biaya Rp 25.000/ orang

Tips:
Sebaiknya tidak terlalu siang saat sampai di lokasi. Selain menghindari teriknya matahari saat berjalan menuju mulut goa, datang terlalu siang dapat menyebabkan anda harus mengantri untuk menikmati indahnya goa Pindul, khususnya di musim liburan.

0 Response to "Indahnya Goa Pindul Yogjakarta"

Post a Comment